Tips Mengatasi Aplikasi Yang Tiba-tiba Terhenti di Android

Posted on

Tips Mengatasi Aplikasi Yang Tiba-tiba Terhenti di Android – Sedang asik bermain sosial media atau aplikasi lainnya namun tiba-tiba aplikasi terhenti dan keluar dengan sendirinya “Sayangnya aplikasi telah berhenti” sungguh kejadian yang pastinya sangat menjengkelkan ya sobat. Banyak orang yang telah mengalami kejadian seperti itu, namun terkadang mereka bingung bagaimana cara untuk mengatasinya supaya tidak seperti itu lagi.

Banyak orang bertanya apa sih yang menyebabkan aplikasi kita tiba-tiba terhenti? Tentunya banyak faktor yang menyebabkan semua itu terjadi seperti memori ram kalian penuh karena memang spek dari memori RAM kalian sangat terbatas, ataupun banyaknya sampah-sampah file yang tidak kalian pakai namun file sampah itu tidak pernah kalian hapus sehingga mengakibatkan aplikasi tiba-tiba terhenti. Untuk itu Ponselday.com akan memberi solusinya yaitu Tips Mengatasi Aplikasi Yang Tiba-tiba Terhenti di Android. Lengkapnya kita simak ulasan dibawah ini.

Tips Mengatasi Aplikasi Yang Tiba-tiba Terhenti di Android

Berikut Tips Mengatasi Aplikasi Yang Tiba-tiba Terhenti di Android

Banyak faktor yang mempengaruhi dan mengakibatkan aplikasi di android tiba-tiba terhenti. Berikut faktor yang membuat aplikasi “Sayangnya aplikasi telah terhenti”.

RAM Memori Penuh

Jika kalian mempunyai spesifikasi HP dengan RAM memori yang kecil dan di tambah banyak aplikasi berjalan di background sehingga membuat RAM memori penuh, dengan begitu akan membuat aplikasi yang sedang kalian jalankan tiba-tiba terhenti, bahkan sampai tidak bisa digunakan kembali.

Cache Menumpuk

Cache adalah penyimpanan file sementara, jadi setiap kali kamu membuka aplikasi atau browsing maka data dan file sementara akan tersimpan di cache, jika jarang dibersihkan maka performa HP kalian akan menurun dan termasuk saat kalian membuka aplikasi.

Aplikasi Tidak Kompetibel Dengan Versi OS Android

Developer selalu memperbaiki masalah dan meningkatkan performa dengan selalu mengupdate dari versi lama ke versi yang baru. Jadi buat kalian yang yang mempunyai OS android yang jadul maka bisa dipastikan bahwa aplikasi tidak lagi kompetibel dengan OS android yang digunakan. Misalkan aplikasi suport untuk android lollipop, sedang kalian menggunakan android kitkat atau di bawahnya, tentu tidak akan bisa digunakan.

Tips Supaya Aplikasi Tidak Terhenti Saat digunakan

1. Bersihkan Aplikasi Berjalan di Background

Banyaknya aplikasi yang berjalan di background juga membuat penuhnya memori RAM yang digunakan sehingga membuat aplikasi menjadi error, maka dari itu kalian perlu menghapusnya agar performa HP kembali meningkat. Cara menghapusnya tekan tombol Recent Apps, kemudian tekan ikon (X) maka secara otomatis aplikasi yang berjalan di background akan terhapus.

2. Hapus Cache dan Data Aplikasi

Cache adalah penyimpanan file sementara yang akan terus menumpuk jika kalian tidak menghapusnya. File sampah yang menumpuk di cache dan data yang error akan membuat aplikasi error dan membuat aplikasi berhenti berjalan. Untuk mengatasinya kalian harus sering menghapus cache yang menumpuk dan caranya kalian buka menu Setting> App & notifications> Pilih Aplikasi> Storage> Clear Cache atau Clear Data untuk menghapus salah satu atau keduanya. Selain cara manual kalian juga bisa menggunakan aplikasi bantuan seperti Clean Master atau aplikasi lainnya.

3. Cek Kartu MicroSD

Cek Kartu MicroSD, terkadang kartu SD yang error juga mempengaruhi aplikasi yang sedang berjalan dan membuat aplikasi terhenti tiba-tiba. Untuk solusinya kalian bisa cek dengan mematikan HP android kalian dan kemudian kalian cek kondisi kartu SD nya, kemudian pasang kembali kartu SD dan nyalakan kembali HP kalian.

4. Restart Smatphone Android

Terjadinya error pada sebuah aplikasi biasanya disebabkan karena beberapa hal seperti sinyal yang tidak stabil atau pemakaian smartphone yang tidak pernah berhenti. Untuk solusinya yaitu dengan cara Restart smartphone android kalian, cara ini bertujuan untuk mereefresh kembali smartphone kalian agar kembali menjadi fresh.

5. Uninstall dan Install Ulang Kembali

Nah jika semua cara yang diatas masih belum berhasil maka kalian perlu melakukan cara yang ini, yaitu dengan cara uninstall aplikasi yang error kemudian install kembali aplikasi tersebut. Cara ini membuat agar aplikasi menjadi normal kembali untuk bisa kalian gunakan kembali.

6. Update Aplikasi dan Sistem Operasi

Update aplikasi, karena selain mengatasi permasalahan aplikasi yang error atau corrupt, pembaruan juga bisa menghilangkan beberapa bug yang bisa saja menjadi salah satu peyebab dan akar permasalahan selama ini. Dan selain update aplikasi kalian juga harus memperbarui sistem operasi android ke sistem yang lebih baru. Ini perlu dilakukan karena setiap aplikasi selalu update dan demi memenuhi permintaan penggunanya dari waktu ke waktu dan juga untuk memperbaiki sistem agar lebih baik lagi untuk kedepannya.

BACA JUGA  cara mudah mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di android

7. Faktori Reset Smartphone

Cara yang terakhir adalah cara yang memang jika kalian sudah mencoba cara yang diatas namun belum berhasil samasekali, yaitu dengan mereset ulang kembali smartphone kalian. Walau masih belum pasti apakah cara ini bisa mengatasi masalah aplikasi terhenti namun dengan cara ini membuat smartphone kalian menjadi sangat fresh sama seperti pertama kali kalian membelinya. Namun perlu kalian tahu jika mereset ulang smartphone maka segala macam data akan terhapus, jadi pastikan saat sebelum melakukan reset kalian backup semua data yang ada di smartphone agar tersimpan dengan baik dan benar.

Nah itulah Tips Mengatasi Aplikasi Yang Tiba-tiba Terhenti di Android. Walaupun tips ini belum tentu bisa berhasil namun ada baiknya jika sobat Ponselday.com mencoba terlebih dahulu satu-persatu tips yang kami berikan, siapa tahu ada diantara kalian yang berhasil menggunakan cara tersebut. Terimakasih dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *