Penyebab Baterai HP Android Anda Cepat Habis/Drop

Penyebab Baterai HP Android Cepat Habis – Bagi anda pengguna HP android pasti ada yang pernah mengalami baterai HP anda cepat drop, padahal HP  baru saja kamu charging (isi daya) sampai full tapi baru di pakai sebentar baterai langsung berkurang dengan cepat. Anda mungkin bertanya-tanya apa yang membuat baterai HP anda cepat habis dan apa masalah nya?.

Masalah baterai cepat drop membuat anda menjadi repot karena anda harus selalu membawa charging atau powerbank bilamana baterai HP tiba-tiba ngedrop atau habis daya, dan kita tahu kalo baterai mejadi perangkat yang vital di smartphone karena daya yang di hasilkan untuk mengaliri komponen HP supaya hidup/menyala. Dan saya punya solusi yang tepat untuk masalah Penyebab Baterai HP Android Anda Cepat Habis/Drop.

Penyebab Baterai HP Android Anda Cepat Habis/Drop

Baterai merupakan penyimpan dan penghantar daya untuk komponen elektronik smartphone, yang berisi sel-sel elektrokimia yang dapat mengubah energi kimia mejadi energi listrik, dan ada dua kutub yang kita ketahui dalam baterai yaitu katoda (kutub positif) dan anoda (kutub negatif).

Penyebab Baterai HP Android Cepat Drop Dan Solusi Masalah

Adapun penyebab baterai HP sering cepat habis/drop dan tanpa kita sadari juga atau kita perhatikan seperti apa kondisi baterai HP yang kita pakai, apakah sudah masanya harus di ganti akibat pemakaian (rusak) atau memang terjadi kesalahan pada baterai hp sehingga mebuat baterai cepat habis. Berikut Penyebab Baterai HP Android Anda Cepat Habis/Drop. Kita simak di bawah ini:

1. Masa Pakai Baterai/Lifetime

Tentunya pengguna HP harus mengetahui sudah berapa lama baterai HP yang anda pakai, karena baterai HP mempunyai masa lifetime(umur) di tambah cara si pengguna memakai HP karena kita tahu setiap orang memiliki sifat dan karakteristik nya berbeda, ada yang jarang menggunakan HP dan ada yang selalu aktif atau selalu memainkan HP seperti membuka aplikasi-aplikasi setiap waktu.

Salah satu ciri-ciri baterai sudah tidak layak pakai yaitu baterai mengembung, dan tentu sajah solusi terbaiknya anda harus menggantinya dengan yang baru dan jangan coba-coba anda menyuntik atau mencoblos baterai yang kembung karena sangat berbahaya.

2. Alat Charging/Pengisi Daya

Charging atau pengisi daya juga berpotensi merusak baterai HP seperti kita menggunakan charging yang ampere nya terlalu tinggi dengan tujuan mempercepat pengisian, karena tidak semua smartphone bisa membatasi/memfilter besarnya daya yang masuk yang justru akan merusak komponen HP maupun komponen dalam baterai.

Maka dari itu di anjurkan untuk kita menggunakan charging bawaan HP atau semisal kita mau menggunakan charging yang lain pastikan mempunyai kapasitas ampere yang sama agar tidak merusak komponen baterai HP.

3. Banyaknya Aplikasi Berjalan (Background)

Banyaknya aplikasi berjalan atau yang sering kita sebut background juga bisa berdampak besar bagi performa baterai HP sehingga membuat baterai lebih cepat habis atau drop dari waktu normal nya. Aplikasi sosmed seperti Facebook, Twitter, BBM, Whatshap, instagram, Line, dan lain-lainnya meskipun kita tidak sedang menggunakan nya namun tetap membutuhkan resource baterai.

Jadi agar baterai lebih awet kita bisa mematikan sementara aplikasi yang berjalan di background dengan cara masuk ke menu pengaturan > Aplikasi > Pilih aplikasi > Tutup paksa.

4. Kualitas Jaringan HP

Kualitas jaringan HP yang buruk/lemah juga bisa mempengaruhi performa baterai, jaringan seluler yang tidak setabil naik turun atau bahkan sinyal hilang kadang juga membuat HP kita menjadi panas dan dampaknya baterai HP lebih cepat habis, dan untuk mengirit baterai agar tidak cepat habis sebaiknya matikan ponsel atau mode pesawat jika dalam situasi jaringan lemah.

5. Hardware Bermasalah

Jika semua usaha yang di atas sudah anda lakukan tapi belum membuahkan hasil dan baterai masih sering cepat habis atau drop, berati anda perlu melakukan pengecekan komponen dalam HP seperti IC Power, Chipset, atau komponen lainnya, dan untuk masalah ini solusinya kita harus membawa smartphone kita ke service center atau tukang service langganan anda dan tentunya yang bisa di percaya bisa mengatasi masalah ini.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *