}); Cara Menggunakan Titanium Backup untuk Backup Aplikasi dan Data - Ponsel Day

Cara Menggunakan Titanium Backup untuk Backup Aplikasi dan Data

Cara Menggunakan Titanium Backup untuk Backup Aplikasi dan Data – Tidak ingin terjadi kehilangan data pribadi yang sangat penting pada suatu saat nanti? Maka sobat perlu yang namanya backup data. Membackup data yang sangat penting memang akan menjadi suatu keharusan buat sobat jika tidak ingin terjadi sesuatu yang membuat sobat akan menyesal, seperti kehilangan data penting karena tidak sengaja menghapusnya ataupun karena hal lainnya yang membuat data tersebut hilang.

Buat sobat pengguna android pasti mempunyai sebuah aplikasi ataupun data-data yang sangat penting, seperti foto, video dan yang lainnya yang pastinya tidak ingin semua itu hilang karena suatu hal. Maka dari itu pentingnya membackup suatu aplikasi atau data yaitu jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan seperti data kita hilang atau terhapus sobat masih mempunyai cadangan, sehingga sobat tidak perlu merasa galau hanya tinggal merestore semua data akan kembali lagi.

Cara Menggunakan Titanium Backup untuk Backup Aplikasi dan Data

Banyak aplikasi yang menyediakan layanan untuk membackup aplikasi dan data, dan sobat bisa menemukannya di Google Play Store seperti Google Drive, Titanium Backup dan masih banyak lagi yang lainnya. Sebelumnya mimin Ponselday telah mengulas cara membackup data menggunakan aplikasi Google Drive, dan untuk kali ini mimin akan mengulas bagaimana Cara Menggunakan Titanium Backup untuk Backup Aplikasi dan Data. Untuk lebih jelasnya sobat simak ulasannya dibawah ini.

Cara Menggunakan Titanium Backup untuk Backup Aplikasi dan Data di Android (Rooted)

Untuk penggunaan aplikasi Titanium Backup terdapat dua pilihan yang sobat bisa pilih yaitu Titanium Backup biasa (gratis) dan Titanium Backup Pro (berbayar). Seperti yang sobat tahu dimana aplikasi yang berbayar pastinya akan mempunyai fitur yang lebih lengkap di banding yang gratisan, namun aplikasi Titanium yang biasa juga tidak kalah dengan yang versi pro, sama-sama penting untuk membackup data.

Disini mimin akan mengulas tentang cara backup menggunakan Titanium Backup Pro, namun yang harus sobat perlu ketahui bahwa menggunakan aplikasi Titanium ini perlu yang namanya proses rooting pada smartphone sobat. Jika smartphone sobat belum melakukan proses rooting sobat bisa melakukan root terlebih dahulu, sobat bisa cari tutorialnya di website tentang cara root HP. Ok lanjut lagi sobat, untuk cara penggunaanya ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Yang pertama silahkan sobat download dan install terlebih dahulu aplikasi Titanium Backup di Google Play Store.
  2. Buka aplikasi tersebut, jikat HP sudah di root maka akan ada tanda centang warna hijau di “Root access”.
  3. Klik menu Backup/Restore kemudian pilih “Click to edit filters”.
  4. Agar tidak terlalu banyak aplikasi yang tampil seperti aplikasi sistem, sobat bisa membatasinya dengan menghilangkan centang pada “System” di menu “Filter by type”.
  5. Kemudian pilih tanda centang warna hijau yang terdapat di pojok atas sebelah kanan, maka aplikasi yang kita install saja yang akan tampil.
  6. Selanjutnya sobat pilih aplikasi mana saja yang ingin di backup. Jika sudah di pilih maka akan keluar jendela dan terdapat pilihan, kemudian sobat pilih “Backup!”. Maka semuanya telah terbackup.
  7. Untuk mengembalikan data yang telah di backup sobat tinggal pilih “Restore”.
  8. Dalam melakukan Restore atau mengembalikan data terdapat 3 pilihan yaitu Data only hanya mengembalikan data dari aplikasi tersebut. App only hanya mengembalikan file apk yang telah terinstall tidak beserta datanya. App+data mengembalikan file apk beserta datanya atau menggabungkan kedua pilihan yang tadi.

Keunggulan dari Titanium Backup Pro terdapat fitur tambahan seperti penjadwalan backup, sobat tinggal pilih menu “Schedules” kemudian sobat bisa atur waktu yang diinginkan untuk membackup. Kemudahan lainnya di Titanium Bakcup Pro sobat bisa backup dan restore hanya dengan sekali klik saja dan secara otomatis akan backup dan restore dengan sendirinya dengan fitur HyperShell dan Fast/Auto app install, sobat bisa menemukannya di menu batch actions.

Demikian ulasan mengenai Cara Menggunakan Titanium Backup untuk Backup Aplikasi dan Data. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *