Cara Menggunakan Aplikasi zoetropic Untuk Membuat Gambar Bergerak

Cara Menggunakan Aplikasi zoetropic Untuk Membuat Gambar Bergerak – Banyak orang penasaran bagaimanasih cara membuat gambar bergerak, karena kita tahu beberapa waktu lalu banyak yang mengunggah gambar-gambar yang bergerak di media sosial, seperti gambar awan yang bergerak, gambar air yang mengalir dan banyak yang lainnya, banyak orang yang mempertanyakan bagaimana cara membuatnya, namun sebagian orang masih belum mendapatkan jawabannya dan masih belum mengetahui. Memang dengan adanya smartphone yang canggih dan moderen seperti sekarang ini semua hal yang menarik bisa kita lakukan walaupun hanya dengan menggunakan smartphone. Untuk membuat gambar bergerak sebenarnya sudah tidak terlalu setenar dulu waktu baru-barunya booming, namun apa salahnya bagi kamu yang belum pernah mencoba sekarang membuat gambar agar bisa bergerak, dan siapa tahu akan kembali booming lagi, tentunya dengan tampilan yang lebih keren lagi.

Gambar yang bergerak seperti awan dan air yang orang-orang posting di media sosial sebenarnya obyek itu tidak benar-benar bergerak, melainkan cuman foto awan biasa yang memiliki background belakang awan, sehingga menjadi terlihat seperti awan yang sedang bergerak. Nah untuk membuat gambar menjadi bergerak tentu kita harus mempunyai aplikasi untuk mengedit agar bisa membantu kita dalam membuat gambar yang bergerak. Beberapa waktu ke belakang mungkin orang-orang membuat gambar bergerak dengan menggunakan software yang ada di PC atau laptop, karena memang pada waktu itu belum ada aplikasi yang mendukung untuk penggunaannya di smartphone android, berbeda dengan sekarang walaupun hanya bermodalkan smartphone android kamu sudah bisa mengedit dan membuat gambar yang bergerak.

Cara Menggunakan Aplikasi zoetropic Untuk Membuat Gambar Bergerak

Cara Menggunakan Aplikasi zoetropic Untuk Membuat Gambar Bergerak

Mungkin kalau kalian searching di Google banyak orang yang membahas tentang membuat gambar bergerak yaitu dengan menggunakan aplikasi plotagraph untuk mengedit gambar menjadi bergerak. Memang aplikasi plotagraph memiliki fitur yang bagus, tapi kalau untuk digunakan untuk para editor pemula rasanya sangat kurang cocok, karena bagi para editor pemula akan kesulitan dengan fitur yang dimiliki aplikasi plotagraph memang karena fiturnya kurang simpel di banding dengan zoetropic pro, jadi kalo untuk pemula lebih gampang menggunakan zoetropic. Berikut cara menggunakan aplikasi zoetropic dan rungsi menunya.

1. Buka aplikasi zoetropic, kemudian kalian akan disuguhkan video singkat mengenai cara penggunaan aplikasi zoetropic.

2. Setelah video selesai dan kalian sudah memahami kemudian Pilih menu NEW MEMORY, pilih foto yang akan diedit, bisa ambil baru atau yang sudah ada di galery. Untuk contoh misalkan gambar pegunungan dan awan. Kemudian kamu akan menemukan beberapa menu seperti:

Menu Atas

Cara Menggunakan Aplikasi zoetropic Untuk Membuat Gambar Bergerak

Di bagian atas terdapat menu bar dan beberapa icon menu, dan menu paling kiri adalah menu Navigasi yang berisi lebih banyak menu. Geser sebelah kanan ada menu Ambing play fungsinya untuk tes apakah proyek yang sedang dijalankan dengan baik. Kemudian geser ke menu paling kanan ada menu Redo fungsinya kebalikan dari Undo, ada crop, simpan serta detail proyek.

Menu Bawah  

Cara Menggunakan Aplikasi zoetropic Untuk Membuat Gambar Bergerak

  • Motion : Membuat efek gambar bergerak kesatu arah.
  • Sequence : Membuat gambar bergerak banyak arah, contoh seperti angin berputar.
  • Select : Untuk menandai gambar yang akan difokuskan untuk diberi efek motion, sequense ataupun untuk dihapus.
  • Zoom : Untuk memperbesar gambar.
  • Mask : Untuk menandai bagian gambar untuk tidak mendapatkan efek gerak.
  • Erase : Untuk menghapus tanda pada bagian mask.

Kita lanjutkan pengeditan

3. Pilih Fitur Mask

Tentukan bagian gambar yang tidak akan digerakan, kemudian tandai bagian tersebut dengan fitur mask yaitu untuk memberi tanda pada bagian gambar supaya tidak bergerak.

4. Pilih Fitur Motion dan Stabilize

Pilih obyek yang akan digerakan, misalkan obyek awan kita tandai dengan efek motion agar memberi efek bergerak pada awan tersebut, dan bagian gambar yang lainnya gunakan efek stabilize seperti gunung dan laut. Jadi hasilnya obyek awan akan bergerak namun bagian yang lain tetap diam. Untuk melihat hasil bisa kalian pilih ikon play.

5. Pilih Fitur Export Video

Setelah selesai mengedit gambar pemandangan tadi silahkan pilih eksport video untuk save gambar yang sudah kalian edit. Pilih kecepatan dan pilih resolusi yang kamu inginkan, kemudian simpan video dengan logo atau watermark jika kamu menggunakan zoetropic dengan gratis, jika kalian menggunakan zoetropic dengan berbayar bisa pilih tanpa logo. Selesai dan kalian bisa upload ke media sosial.

Itulah Cara Menggunakan Aplikasi zoetropic Untuk Membuat Gambar Bergerak. Semoga bermanfaat buat kamu yang ingin membuat gambar bergerak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *