}); Cara Memindahkan Data Smartphone Lama ke Smartphone Yang Baru di Android - Ponsel Day

Cara Memindahkan Data Smartphone Lama ke Smartphone Yang Baru di Android

Ponselday.com – Smartphone menjadi trend masa kini di kalangan anak muda jaman now atau bahasa kerennya kaum millenial. Smartphone kini menjadi barang yang paling penting yang hampir setiap kemana-mana tidak pernah ketinggalan dan selalu ada untuk menemani di berbagai kegiatan. Semakin lama penggunaan sebuah smatphone justru semakin sayang, karena memang segala macam data yang kita sayangi terdapat di smartphone tersebut. Hal ini membuat kebanyakan orang yang mempunyai smartphone baru kadang malas untuk memindahkan data-data yang sebanyak itu.

Buat sobat yang mempunyai smartphone baru namun malas untuk memindahkan dan memilah satu-persatu data-data yang berada di smartphone sebelumnya, di tambah sobat juga harus menginstall aplikasi yang sebelumnya sobat gunakan. Jangan khawatir sob, karena Ponselday punya tips nih buat sobat sekalian yaitu Cara Memindahkan Data Smartphone Lama ke Smartphone Yang Baru di Android. Nah buat sobat yang malas untuk memilah data yang ada di smartphone lama, sobat simak ulasanya dibawah ini.

 Cara Memindahkan Data Smartphone Lama ke Smartphone Yang Baru di Android

5 Cara Memindahkan Data Smartphone Lama ke Smartphone Yang Baru di Android Cepat dan Mudah

1. Google Drive

Tips yang pertama yaitu menggunakan aplikasi Google Drive. Setiap akunnya selalu menyediakan 15 GB cloud storage secara gratis yang bisa sobat gunakan untuk menyimpan data-data seperti foto, video, dokumen, aplikasi dan lainnya. Sebelum memindahkan terlebih dahulu sobat cek ruang penyimpananya apakah masih cukup, caranya cek di https://drive.google.com. Jika cukup ruang sobat tinggal pilih menu Setting > Backup and reset, aktifkan “Automatic restore”. Pastikan akun google sobat adalah akun yang akan sobat gunakan  untuk mem-backup. Selanjutnya “Backup my data”.

Jika semua data telah terbackup, silahkan sobat masukan akun Google yang untuk membackup data tadi ke samrtphone yang baru. Kemudian langkah selanjutnya sobat tinggal melakukan “Restore” dan sekarang smartphone sobat yang baru telah terisi data-data yang telah di backup sebelumnya.

2. Samsung Smart Switch

Nah jika kebetulan sobat pengguna samrtphone Samsung, Samsung telah menyiapkan fitur untuk memudahkan sobat dalam memindahkan sebuah data. Samsung telah di bekali untuk mentransfering data dengan cepat, seperti menggunakan Wi-Fi Direct, USB cable, dan mengambil data dari iCloud. Cara menggunakan Samsung Smart Swicth sangat mudah, sobat hanya perlu masuk ke dalam aplikasi, pilih smartphone lama untuk media sender dan smartphone yang baru menjadi receiver. Selanjutnya tinggal pilih data mana yang akan di pindahkan.

3. Copy My Data

Aplikasi yang sobat bisa temukan juga di Google Play Store untuk membantu sobat dalam memindahkan data yang berada di smatphone lama ke smartphone baru yaitu Copy My Data. Cara penggunaan aplikasi inipun terbilang sangat simpel sekali, karena sobat hanya perlu menghubungkan smartphone yang lama dan yang baru dengan jaringan Wi-Fi yang sama, setelah itu buka aplikasi Copy My Data di kedua smartphone sobat.

Buka aplikasinya di smartphone yang baru dan pilih “To or from another device over WiFi” tunggu beberapa saat sampai aplikasi ini mendeteksi smartphone lama sobat. Saat sudah terdeteksi klik smartphone baru sobat, nanti akan muncul “PIN” di smartphone sobat yang lama, silahkan ketikan PIN tersebut di smartphone sobat yang baru. Kemudian dengan otomatis aplikasi akan segera memindahkan data berupa foto, video, kontak, dan lainnya.

4. Send Anywhere

Buat sobat yang ingin memilih data-data yang ingin sobat pindahkan aplikasi Send Anywhere tentunya sangat cocok sekali, karena dengan aplikasi ini sobat bisa memilih data apa saja yang akan di pindahkan. Penggunaan aplikasi ini hampir sama dengan aplikasi Copy My Data, yaitu saling menghubungkan kedua smartphone dengan “Wi-Fi“, setelah terhubung smartphone lama sobat akan menampilkan “6 Digit PIN” yang kemudian sobat masukan ke smartphone baru.

Selain itu sobat bisa mentransfer data yang berada di smartphone ke PC dan bisa di download nanti. Kemudian setelah mengupload data yang ingin dikirim, sobat akan mendapatkan link untuk mendownload data tersebut.

5. Clone It

Cara yang kelima sobat bisa menggunakan aplikasi Clone It. Aplikasi ini bisa di bilang sangat mudah di gunakan dengan interface-nya yang sangat user frendly. Cara penggunaannya sobat tinggal atur smartphone lama sebagai sender dan smartphone baru sebagai receiver, dan hubungkan kedua smartphone tersebut. Pastikan juga kedua smartphone terhubung dengan jaringan Wi-Fi yang sama. Selanjutnya sobat tinggal pilih data yang mana yang ingin di pindahkan, mulai dari foto, video, dan lain-lainnya.

Dari kelima tips yang ada di atas sobat bisa memilih salah satu yang sekiranya menurut sobat lebih mudah dalam menggunakannya. Demikian 5 Cara Memindahkan Data Smartphone Lama ke Smartphone Yang Baru di Android. Semoga bermanfaat dan buat sobat Ponselday yang mempunyai tips lainnya bisa share di kolom komentar untuk bisa berbagi manfaat bersama. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *