Cara dan Tips Mengatasi Download Yang Tertunda di Google Play Store

Posted on

Cara dan Tips Mengatasi Download Yang Tertunda di Google Play Store – Google Play Store adalah perangkat  android tempat kamu mencari dan mendownload segala jenis aplikasi yang terdapat di google play store seperti aplikasi sosial media ataupun aplikasi game dan aplikasi yang lainnya. Bebagai kemudahan yang ditawarkan oleh google play store bukan berarti dalam aplikasi ini tidak terdapat masalah, dan salah satu masalahnya yang akan akan kita bahasa diartikel ini, yaitu download tertunda, masalah ini bagi sebagian orang pernah mengalami salah satunya adalah tetangga mimin yang pernah mengalami masalah ini.

Yah mungkin buat kalian yang sudah mengetahui permasalahan ini dan kemudian tahu bagaimana cara mengatasinya tidak akan ada masalah, namun sebagian orang cukup bingung cara mengatasinya, bisa dibilang karena cukup awam. Banyak faktor yang menyebabkan download tertunda, seperti saat download sinyal kalian tidak cukup baik atau bahkan tidak ada sinyal. Nah untuk lebih lengkapnya apa saja faktor yang bisa menyebabkan download tertunda kalian bisa simak dibawah ini yaitu Cara dan Tips Mengatasi Download Yang Tertunda di Google Play Store.

Cara dan Tips Mengatasi Download Yang Tertunda di Google Play Store

Berikut Cara dan Tips Mengatasi Download Yang Tertunda di Google Play Store

Banyak faktor yang membut downoad tertunda di google play store yang tanpa kalian sadari dan mungkin biasanya dianggap sepele, seperti sinyal internet kalian yang lemah, kapasitas memori internal kalian yang hampir penuh atau bahkan sudah penuh sehingga tidak bisa menampung aplikasi yang baru ataupun aplikasi google play store kalian belum di perbaharui. Hal-hal sepele seperti itu yang terkadang sering dilewatkan oleh orang-orang. Untuk tips dan cara mengatasi download tertunda kalian bisa ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1. Periksa Sinyal Internet Data Selular atau Wifi

Yang pertama kalian coba periksa sinyal data selular atau wifi apakah kecepatan dan kualitas jaringannya bagus atau buruk, karena jaringan internet yang buruk akan membuat download kalian terhenti. Untuk mengatasinya kalian bisa beralih ke mode jaringan, caranya saat kalian akan mendownload tinggal hilangkan tanda cek dan tekan Proceed.

2. Bersihkan Cache Data Sampah di Goole Play Store

Sering mendownload aplikasi-aplikasi di google play store menyebabkan kapasitas file yang tersimpan atau cache yang menumpuk akan mempengaruhi kinerja sistem. Untuk mengatasinya ikuti langkah sebagai berikut:

  • Pilih menu Setting dan klik My Apps kemudian akan terlihat semua aplikasi yang ada di smartphone kalian.
  • Pilih aplikasi Google Play Store. Klik Storage.
  • Kemudian kalian bisa menghapus cache dan data dengan klik Clear Data dan Clear Cache.

3. Update Google Play Store ke Versi Terbaru

Nah buat kalian yang masih menggunakan google play store versi lama segeralah update ke versi yang terbaru untuk meminimalkan bug yang dapat menyebabkan proses download tertunda. Cara untuk meng-update google play store langkahnya sebagai berikut:

  • Buka aplikai google play store, klik ikon tiga garis pada pojok atas sebelah kiri.
  • Pilih menu Setting kemudian scroll down sampai menemui tab About.
  • Kalian lihat versi aplikasi yang kamu miliki dengan Play Store Version. Ketuk beberapa untuk memperbaruinya sampai ada pilihan update.

4. Periksa Kapasitas Memori Internal

Buat kamu yang mempunyai spesifikasi HP yang minim bisa jadi download kalian tertunda diakibatkan karena ukuran aplikasi yang terlalu besar, sehingga membuat memori internal HP kalian menjadi penuh dan tidak muat menampung aplikasi yang baru.

5. Re-Install Google Play Store dan Reset Android

Untuk langkah yang terakhir kalian bisa menginstall ulang kembali google play store kalian, atau kalian bisa reset android tentu dengan resiko penyimpanan kalian ikut ke-reset.

Demikian Cara dan Tips Mengatasi Download Yang Tertunda di Google Play Store. Jika kalian sudah melakukan cara diatas namun masih belum bisa mengatasi download yang tertunda, coba kalian periksa HP kalian dan lihat apakah ada sistem yang harus kalian perbarui seperti sistem android atau perangkat yang lainnya, bisa jadi itu adalah penyebab lainnya. Semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menjadi solusi buat sobat-sobat sekalian.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *