}); 5 Resiko Penggunaan Aplikasi VPN Gratis di Android - Ponsel Day

5 Resiko Penggunaan Aplikasi VPN Gratis di Android – Pembatasan dalam penggunaan media sosial salah satunya seperti aplikasi WhatsApp pada tanggal 22 mei kemarin membuat sebagian besar  para pengguna media sosial aktif mencari alternatif lain. Dan saat ini sedang ramai orang-orang membicarakan VPN (Virtual Private Network) sebagai salah satu alternatif agar bisa terbebas dari pembatasan media sosial. Banyak situs-situs yang telah membahasnya mulai dari tutorial penggunaan VPN dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Internetan Aman dan Lancar di Android Dengan Aplikasi 1.1.1.1

Namun tahukah sobat di balik penggunaan VPN gratis ada resiko yang bisa saja terjadi pada perangkat penggunanya, seperti aktivitas data yang di pantau dan aktivitas lainnya yang bahkan bisa mengancam keamanan perangkat smartphone kita. Nah buat sobat yang masih menggunakan aplikasi VPN gratis perlu mengetahui resiko apa saja sih dari penggunaan aplikasi VPN. Untuk lebih lengkapnya sobat simak ulasannya tentang 5 Resiko Penggunaan Aplikasi VPN Gratis di Android dibawah ini.

5 Resiko Penggunaan Aplikasi VPN Gratis di Android
5 Resiko Penggunaan Aplikasi VPN Gratis di Android

Berikut 5 Resiko Penggunaan Aplikasi VPN Gratis di Android

1.Mengancam Keamanan Smartphone

VPN sendiri sebenarnya berfungsi untuk melingdungi akses internet pengguna dari para hacker, akan tetapi berbeda jika kita menggunakan aplikasi VPN yang gratisan, karena seperti yang kita tahu biasanya aplikasi gratis selalu terdapat iklan.

Dari studi terbaru ternyata aplikasi VPN gratis cenderung berbahaya karena bisa saja terinfeksi oleh malware, dan malware itu berhubungan dengan iklan yang biasa tampil di aplikasi VPN gratis. Itu sebabnya VPN gratis terdapat resiko bagi penggunanya.

2.Memantau Aktivitas Online Pengguna

Resiko yang kedua adalah pemantauan aktivitas online perangkat yang menggunakan aplikasi tersebut, karena dalam studi menyebut 72% aplikasi VPN gratis disematkan pelacak pihak ketiga untuk mengumpulkan data aktivitas online perangkat.

Data-data tersebut biasanya di gunakan oleh pengiklan untuk memperlihatkan iklan tertarget. Untuk itu sobat hindari penggunaan VPN yang bersifat gratis, atau jangan terlalu sering menggunakannya.

3.Kouta Internet di Batasi

Penggunaan VPN dalam mode gratis biasa ada pembatasan penggunaan kouta internet, hal itu tentu tidak membuat kita leluasa dalam menggunakannya. Dan jika sobat ingin lebih leluasa dalam menggunakan internet tentu ada harga yang harus sobat bayar, untuk harganya bervariasi dan tergantung penyedia layanan.

4.Memperlambat Jaringan

Dalam hal ini penyedia layanan juga ingin mendapatkan untung, jadi biasa dalam layanan mode gratis pasti ada yang di batasi dan salah satunya jaringan. Jika sobat ingin mendapatkan kecepatan yang maximal mau gak mau harus merogoh kocek untuk mendapatkannya.

5.Banyak Iklan Yang Tampil

Penghasilan penyedia layanan dalam mode gratis yaitu dari iklan yang tampil, maka dari itu setiap aplikasi gratis selalu ada iklan yang tampil dan itu terkadang membuat kita kesal apa lagi yang sampai menutupi layar hp si pengguna. Selain mengganggu, resiko dari itu semua iyalah saat pengguna terpancing dan masuk ke situs yang berbahaya.

Resiko dalam penggunaan sebuah aplikasi tentunya selalu ada baik berbayar maupun yang gratisan, oleh karena itu kita harus lebih waspada lagi dalam penggunaanya dan yang terpenting gunakanlah aplikasi dengan baik dan bijak.

Demikian ulasan singkat mengenai 5 Resiko Penggunaan Aplikasi VPN Gratis di Android. Semoga bermanfaat buat sobat Ponselday semua. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.Required fields are marked *